SUKMAWATI, NIM : 222310044 (2024) HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMAN 2 ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul 222310044_Sukmawati_PAI Pascasarjana.pdf - Cover Image
Download (67kB) | Preview
Pendahuluan 222310044_Sukmawati_PAI Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (384kB) | Preview
Isi 222310044_Sukmawati_PAI Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran 222310044_Sukmawati_PAI Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (419kB) | Preview
Artikel 222310044_Sukmawati_PAI Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (251kB) | Preview
Abstract
Dalam perkembangan dan kehidupan setiap individu perlunya menguasai berbagai kemampuan ataupun kompetensi. Berbagai masalah muncul di dunia pendidikan dalam membentuk kepribadian siswa. Hal ini disebabkan karena dunia
pendidikan saat ini masih kurang optimal dalam membina kecerdasan emosional siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat kecerdasan emosional di SMAN 2 Enrekang, gambaran tingkat prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 2 Enrekang,dan hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 2 Enrekang.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
korelasi atau penelitian hubungan. Lokasi penelitian merupakan tempat atau wilayah di mana penelitian tersebut dilakukan. Dalam hal ini, penelitian dilakukan di SMAN 2 Enrekang.Penelitian ini mengambil kelas XI (sebelas) 6 yang secara keseluruhan berjumlah 34 dan yang beragama Islam berjumlah 34 siswa Berdasarkan hasil penelitian gambaran kecerdasan emosional siswa,terbagi menjadi dua ada siswa dengan kategori kecerdasan emosional tinggi dan siswa yang memiliki kecerdasan emosinal rendah. Hanya sedikit siswa yang berada dalam kategori nilai yang lebihrendah (80-85), yang menunjukkan bahwa secara umum, tingkat prestasi belajar untuk mata pelajaran ini sangat baik. Ini bias menjadi indikasi bahwa metode pengajaran yang digunakan efektif, dan siswa memiliki motivasi yang tinggi dalam mempelajari mata pelajaran ini.Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar siswa di SMAN 2 Enrekang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang menunjukkan nilai yang tinggi.Penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional sangat berperan penting dalam pembelajaran dan dipengaruhi oleh berbagai factor lainnya. Siswa yang tidak mudah putus asa dan memiliki motivasi yang tinggi diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajarnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 20 Sep 2024 02:22 |
Last Modified: | 20 Sep 2024 02:22 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1136 |