SAMSURIATI, NIM : 222310042 (2024) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS V SDN 175 CENDANA KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul 222310042_Samsuriati_Prod.Pend. Agama Islam Pascasarjana.pdf - Cover Image
Download (62kB) | Preview
Pendahuluan 222310042_Samsuriati_Prod.Pend. Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (420kB) | Preview
Isi 222310042_Samsuriati_Prod.Pend. Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran 222310042_Samsuriati_Prod.Pend. Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (407kB) | Preview
Artikel 222310042_Samsuriati_Prod.Pend. Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (375kB) | Preview
Abstract
Tesis ini dilatar belakangi oleh perlunya peserta didik memahami secara mendalam tentang tata cara ibadah, sejarah keagamaan, dan nilai-nilai moral yang harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan pada penelitian ini yaitu; a. Bagaimana gambaran pemanfaatan metode demonstrasi. b. Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan metode demonstrasi di SDN 175 Cendana Kabupaten
Enrekang ? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui; a) pemanfaatan metode demonstrasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 175 Cendana Kabupaten Enrekang, b) peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan metode demonstrasi di SDN 175 Cendana Kabupaten Enrekang. Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan Teknik pengumpulan data;
observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dengan teknik analisis dimana hasil tes peserta didik melalui penskoran.
Hasil dari penelitian ini bahwa, Peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendiidkan Agama Islam dengan menerapkan metode demonstrasi di Kelas V SDN 175 Cendana Kabupaten Enrekang dalam tes siklus I yang mencapai nilai 75-100 terdapat 12 peserta didik, sedangkan yang tidak lulus terdapat 9 peserta didik. Pada siklus I, kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal dan mencapai ketuntasan dengan presentase 57, 14%. % = 12/21 x 100% = 57, 14%. Sedangkan peserta didik yang tidak tuntas terdapat 9
peserta didik dengan presentase 42,85%. % = 9/21 x 100% = 42,85%.Selanjutnya, dalam tes siklus II terdapat 17 peserta didik lulus, dan tidak lulus terdapat 4 peserta didik. Pada siklus II, kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal dan mencapai ketuntasan dengan presentase 80,95%.Sedangkan peserta didik yang tidak tuntas terdapat 4 peserta didik dengan presentase 19,04%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Demonstrasi, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 14 Sep 2024 01:39 |
Last Modified: | 14 Sep 2024 01:39 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1108 |