AISYAH, NIM:220110006 (2024) THE USE OF CANVA APPLICATION IN IMPROVING WRITING SKILLS AT SMAN 2 PAREPARE. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
SAMPUL_2201100006_AISYAH_PENDIDIKAN BAHASA INGRIS.pdf - Cover Image
Download (66kB) | Preview
PENDAHULUAN_22010006_AISYAH_PENDIDIKAN BAHASA INGRIS.pdf - Submitted Version
Download (457kB) | Preview
ISI_220010006_AISYAH_PENDIDIKAN BAHASA IINGRIS.pdf - Submitted Version
Download (592kB) | Preview
LAMPIRAN_2200110006_AISYAH_PENDIDIKAN BAHASA INGRIS.pdf - Submitted Version
Download (15MB) | Preview
JURNAL_220110006_AISYAH_PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS.pdf - Submitted Version
Download (743kB) | Preview
Abstract
AISYAH. 2024. The use Canva Application in improving writing skills at SMAN 2 Parepare. Dibimbing oleh Syawal dan Badaruddin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penggunaan Canva Application dapat atau tidak meningkatkan kemampuan menulis siswa SMAN 1 Parepare. Aplikasi desain grafis seperti Canva telah berkembang pesat sebagai alat
bantu yang tidak hanya berguna untuk visualisasi, tetapi juga untuk peningkatan keterampilan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana Canva, yang dikenal karena kemudahan penggunaan dan fungsionalitasnya dalam
desain grafis, dapat memfasilitasi dan meningkatkan kemampuan menulis. Berdasarkan hasil wawancara di SMAN 2 Parepare kelas XI, ditemukan bahwa masih rendahnya kemampuan siswa dengan melihat nilai rata-rata kemampuan menulis siswa yaitu 40 sedangkan nilai KKM SMAN 2 Parepare adalah 70.
Penelitian ini menerapkan metode Kuasi-eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas sebelas SMAN 2 Parepare pada tahun ajaran 2024/2025. Jumlah populasi adalah 306 siswa dan dua kelas dari kelas sebelas diambil sebagai sampel dengan menggunakan metode pengambilan sampel secara acak berkelompok, mereka diiberikan perlakuan untuk menulis deskriptif teks Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa penggunaan Canva Application dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa, seperti yang ditunjukkan pada
peningkatan kemampuan menulis siswa juga melebihi standar sekolah,. Standar yang diterapkan di SMAN 2 Parepare adalah 70 sedangkan pada nilai rata rata posttest siswa mendapatkan
nilai 87,3 pada hasil Post-test (87,38) lebih tinggi dari
hasil Pre-test (42,14), dan nilai t-test (4,04) lebih tinggi
dari nilai t-table (1,68) pada level 0.05. Hal ini
mengindetifikasikan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Hal
ini berarti bahwa siswa yang diajar menggunakan Canva
Application memiliki peningkatan Kemampuan menulis yang
lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajar tanpa
menggunakan Canva Application. Aplikasi Canva sangat
cocok untuk digunakan sebagai bahan penelitian, terutama dalam bidang bahasa Inggris, banyak pilihan dan fitur yang dapat digunakan dan diteliti. Canva menyediakan banyak template gratis untuk para pengguna. Template tersebut memudahkan mereka untuk membuat desain yang menarik, tanpa harus memiliki kemampuan desain yang mumpuni.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan menulis siswa, Canva Application, Kuasi-eksperimental |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Inggris |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 14 Sep 2024 01:47 |
Last Modified: | 14 Sep 2024 01:47 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1107 |