RANCANG BANGUN APLIKASI PEMILIHAN FRAMEKACAMATA BERBASIS AUGMENTED REALITY

MUHAMMAD ALMADHANI ASRI, NIM : 218 280 072 (2024) RANCANG BANGUN APLIKASI PEMILIHAN FRAMEKACAMATA BERBASIS AUGMENTED REALITY. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of SAMPUL_218280072_MUHAMMAD ALMADHANI ASRI_TEKNIK INFORMATIKA.pdf]
Preview
Image
SAMPUL_218280072_MUHAMMAD ALMADHANI ASRI_TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Cover Image

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN_218280072_MUHAMMAD ALMADHANI ASRI_TEKNIK INFORMATIKA.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN_218280072_MUHAMMAD ALMADHANI ASRI_TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Submitted Version

Download (626kB) | Preview
[thumbnail of ISI_218280072_MUHAMMAD ALMADHANI ASRI_TEKNIK INFORMATIKA.pdf]
Preview
Text
ISI_218280072_MUHAMMAD ALMADHANI ASRI_TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN_218280072_MUHAMMAD ALMADHANI ASRI_TEKNIK INFORMATIKA.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN_218280072_MUHAMMAD ALMADHANI ASRI_TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Submitted Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_218280072_MUHAMMAD ALMADHANI ASRI_TEKNIK INFORMATIKA.pdf]
Preview
Text
JURNAL_218280072_MUHAMMAD ALMADHANI ASRI_TEKNIK INFORMATIKA.pdf - Submitted Version

Download (712kB) | Preview

Abstract

MUHAMMAD ALMADHANI ASRI. 218 280 072. Rancang Bangun Aplikasi Pemilihan Frame Kacamata Berbasis Augmented Reality . (dibimbing oleh Ade Hastuty dan Mughaffir Yunus).Proses pemilihan frame kacamata pada umumnya memerlukan kunjungan
langsung ke toko optik, yang tidak hanya menghabiskan waktu tetapi juga berisiko merusak frame kacamata yang dicoba. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini membuat aplikasi mobile yang menggabungkan teknologi AR dengan face tracking untuk memungkinkan pengguna melihat bagaimana frame
kacamata akan terlihat pada wajah mereka dalam waktu nyata. Proses pembuatan aplikasi dimulai dengan studi literatur untuk memahami kebutuhan pengguna dan tantangan teknis yang terkait dengan teknologi AR dan face tracking. Selanjutnya,
desain aplikasi dilakukan dengan fokus pada wajah pengguna yang intuitif dan pengalaman pengguna yang optimal. Aplikasi dilakukan menggunakan Unity yang menyediakan kemampuan untuk membangun aplikasi AR yang canggih,sementara Blender digunakan untuk pembuatan model 3D pada frame kacamata.
Metode face tracking diterapkan untuk memastikan frame virtual dapat diposisikan dengan akurat dan sesuai dengan gerakan wajah pengguna. Aplikasi ini dirancang khusus untuk sistem Android, dan pengujian dilakukan untuk memastikan dengan berbagai perangkat Android yang ada. Hasil pengujian
menunjukkan bahwa aplikasi ini tidak hanya berfungsi dengan baik di berbagai Android, tetapi juga memberikan pengalaman yang realistis dalam menampilkan frame kacamata virtual. Pengguna melaporkan bahwa aplikasi ini mempermudah proses pemilihan frame kacamata dengan memberikan alternatif yang efisien untuk mencoba frame tanpa perlu pergi ke toko. Selain itu, aplikasi ini membantu mengurangi risiko kerusakan pada frame kacamata yang mungkin terjadi selama
proses mencoba di toko. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan menjadi solusi yang mengoptimalkan pengalaman berbelanja kacamata dan kemudahan bagi pengguna dalam memilih frame yang sesuai dengan preferensi mereka tanpa
harus ke toko.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kacamata, Augmented Reality , Android, Unity, Face tracking.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:36
Last Modified: 12 Sep 2024 01:36
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item
View Item