PEMANFAATAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VI SDN 165 PUDETE KABUPATEN ENREKANG

Muh. Takri, NIM : 222310040 (2024) PEMANFAATAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACING AND LEARNING (CTL) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS VI SDN 165 PUDETE KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of Sampul 222310040_Muh.Takri_Prodi Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf]
Preview
Image
Sampul 222310040_Muh.Takri_Prodi Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Cover Image

Download (70kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan 222310040_Muh.Takri_Prodi Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan 222310040_Muh.Takri_Prodi Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (343kB) | Preview
[thumbnail of Isi 222310040_Muh.Takri_Prodi Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Isi 222310040_Muh.Takri_Prodi Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (521kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 222310040_Muh.Takri_Prodi Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Lampiran 222310040_Muh.Takri_Prodi Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (577kB) | Preview
[thumbnail of Artikel 222310040_Muh.Takri_Prodi Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Artikel 222310040_Muh.Takri_Prodi Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (258kB) | Preview

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model
pembelajaran yang kontekstual yaitu CTL (Contextual Teaching and Learning).CTL Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana dalam memperoleh data menggunakan beberapa metode seperti wawancara dan metode dokumentasi, dimana data yang diperoleh dikelola dengan cara mereduksi data kemudian menyajikan data dan membuat kesimpulan metode tersebut diyakini
dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik.Rumusan masalah bedasarkan latar belakang bagaimana implementasi
CTL pada mata pelajaran PAI di kelas VI di SDN 265 Pudete apakah strategi CTL memotivasi siswa untuk belajar serta apa kendala dan solusi dalam penerapan CTL pada mata pelajaran PAI dikelas VI SDN 165 Pudete Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi strategi CTL pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam di Kelas VI SDN 165 Pudete Kabupaten Enrekang serta mengetahui pendekatan CTL dapat memotivasi peserta didik dalam mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SDN 165 Pudete Kabupaten Enrekang dan mengetahui kendala dan solusinya dalam implementasi CTL pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SDN 165 Pudete Kabupaten Enrekang
dengan menggunakan penelitian kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan: Implementasi strategi CTL pada Mata Pelajaran PAI di Kelas VI SDN 165 Pudete yaitu dengan membuat Perencanaan
pembelajaran, Pelaksanaan kegiatan pembelajaran, selanjutnya melakukan refleksi. Strategi CTL dapat memotivasi peserta didik dalam mengikuti Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas VI SDN 165 Pudete Kabupaten dan menjadi Kendala dalam penerapan CTL yaitu terdapat keberagaman karakteristik peserta didik dalam hal pengetahuan dan keterampilan, baik dari aspek kognitif,afektif, maupun psikomotorik, Kurangnya Kepercayaan Diri Siswa dalam Diskusi, masih ditemukannya peserta didik yang belum mampu membaca Al�Qur'an dengan baik adapun solusi dari permasalah diatas yaitu dengan Guru PAI memberikan bimbingan dan motivasi kepada siswa yang kurang aktif,membangkitkan rasa ingin tahu siswa, mendorong siswa untuk saling bertanya
dan menjawab pertanyaan dan Memberikan Penghargaan (Reward)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Guru PAI, CTL, Motivasi,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pariman parid
Date Deposited: 11 Sep 2024 01:49
Last Modified: 11 Sep 2024 01:49
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1086

Actions (login required)

View Item
View Item