PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN BERBASIS BUDAYA RELIGIUS UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTs AL-HIJRAH PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH MASAMBA LUWU UTARA

SUMARIADI, NIM. 222310050 (2024) PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN BERBASIS BUDAYA RELIGIUS UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MTs AL-HIJRAH PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH MASAMBA LUWU UTARA. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of SAMPUL. 222310050_SUMARIADI_PAI S2.pdf]
Preview
Image
SAMPUL. 222310050_SUMARIADI_PAI S2.pdf - Cover Image

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of PENDAHULUAN. 222310050_SUMARIADI_PAI S2.pdf]
Preview
Text
PENDAHULUAN. 222310050_SUMARIADI_PAI S2.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB (ISI). 222310050_SUMARIADI_S2.pdf]
Preview
Text
BAB (ISI). 222310050_SUMARIADI_S2.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN. 222310050_SUMARIADI_PAI S2.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN. 222310050_SUMARIADI_PAI S2.pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL TESIS. 222310050_SUMARIADI_S2.pdf]
Preview
Text
JURNAL TESIS. 222310050_SUMARIADI_S2.pdf - Submitted Version

Download (570kB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang Pengembangan Model Manajemen Berbasis Budaya Religius Terhadap Peningkatan rofesionalisme Guru di MTs Integral Al Hijrah Pondok Pesantren Hidayatullah Masamba. Tujuan penelitannya adalah untuk mendeskrisikan; 1) Konsep model pengembangan manajemen berbasis budaya religius MTs Integral Al Hijrah Pondok Pesantren Hidayatullah
Masamba; 2) Model kegiatan yang diimplementasikan sebgai realisasi manajemen berbasis budaya religius; 3) Nilai-nilai budaya religius yang diinternalisasikan di MTs Integral Al Hijrah Pondok Pesantren Hidayatullah Masamab; 4) Upaya dan bentuk profesionalisme guru di MTs Integral Al Hijrah
Pondok Pesantren Hidayatullah Masamba; 5) Analisa SWOT terkait implementasi pengembangan model manajemen berbasis budaya religius terhadap peningkatan profesionalisme gurunya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan teologis normatif, manajemen dan pedagogis. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan teknik
pengolahan dan analisis datanya menggunakan dua acara, yakni teknik analisis naratif dan teknik klasifikasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa Pengembangan model manajemen berbasis budaya religiusnya terimplementasikan melalui tiga
role model, yakni integrasi rekrutmen dengan motto madrasah, Integrasi model implementasi manajemen budaya religius dengan empat pendekatan yakni,modeling, pembiasaan budaya religius, penguatan motivasi dan penegakan aturan. Model kegiatan MTs Integral Al Hijrah Pondok Pesantren idayatullah Masamba bisa dibedakan menjadi tiga kegiatan, yakni kegiatan di sekolah, masjid dan asrama. Nilai-nilai yang diinternalisasikan diantaranya meliputi nilai religius,
tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian. Upaya profesionalisme guru di MTs Integral Al Hijrah Masamba diantaranya berupa forum group discussion (FGD), Forum MKKS Luwu Raya, Up-grading marhalah, dll sedangkan bentuk
profesionalisme gurunya diantaranya berupa ukhuwwah, modeling dan kedisiplinan. Analisa SWOT-nya system boarding school menjadi sisi kelebihannya, ketidak pedulian orang tua menjadi sisi lemahnya dan arus globalisasi menjadi salah satu tantangan sekaligus peluang yang dihadapi oleh MTs Integral Al Hijrah Pondok pesantren Hidayatullah Masamba. Dikatakan peluang sebab arus globalisasi yang ada hari ini melahirkan kesadaran para orang tua untuk menyekolahkan anaknya disekolah pesantren. Implikasi penelitian ini diharapkan ada penelitian selanjutnya untuk dapat mengembangkan, menggali lebih dalam terkait model dan strategi pendidikan karakter dengan indikator hasil yang berbeda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 09 Sep 2024 05:04
Last Modified: 09 Sep 2024 05:04
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item
View Item