MUHAMMAD FURQAN ADRI, NIM. 222310027 (2024) STRATEGI KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH DENGAN GURU DAN PESERTA DIDIK SERTA ORANG TUA PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs MUAMMAR GANDI RAPPANG DI KAB. SIDENRENG RAPPANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
FILE SAMPUL. 222310027_MUHAMMAD FURQAN ADRI_PAI S2.pdf - Cover Image
Download (129kB) | Preview
PENDAHULUAN. 222310027_MUHAMMAD FURQAN ADRI_PAI S2.pdf - Submitted Version
Download (526kB) | Preview
BAB (isi). 222310027_MUHAMMAD FURQAN ADRI_ PAI S2.pdf - Submitted Version
Download (977kB) | Preview
LAMPIRAN. 222310027_MUHAMMAD FURQAN ADRI_ PAI S2.pdf - Submitted Version
Download (732kB) | Preview
JURNAL TESIS. 222310027_MUHAMMAD FURQAN ADRI_PAI S2.pdf - Submitted Version
Download (464kB) | Preview
Abstract
Komunikasi merupakan hal yang sangat mendukung pencapaian tujuan suatu organisasi. Dalam hal ini pelaku utama komunikasi dalam organisasi madrasah adalah kepala madrasah dengan warga madrasah. Komunikasi yang terjadi satu sama lain antara warga madrasah dilakukan untuk menciptakan suasana harmonis agar tidak terjadi konflik sehingga mutu pendidikan dalam suatu lembaga pendidikan dapat tercapai.
Tujuan Penelitian ialah mendeskripsikan bagaimana komunikasi kepala madrasah dengan guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik di MTs Muammar Gandi. Untuk Menemukan strategi strategi komunikasi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Muammar Gandi. Studi ini menggunakan
metode penelitian kualitatif dengan pendekatan pedagogik, fenomenologi, sosiologis. Penelitian pada pengungkapan masalah sebagaimana adanya teknik pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis data yaitu; penyajian data, Reduksi
data, dan Penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa komunikasi kepala madrasah
meliputi komunikasi terbuka, penggunaan media komunikasi yang beragam, pendekatan personal dalam menyampaikan pesan, serta penguatan budaya komunikasi yang transparan dan partisipatif pada aspek peningkatan mutu pendidikan di MTs Muammar Gandi Rappang. Strategi komunikasi kepala
madrasah yang terbuka dan efektif terbukti mampu meningkatkan kinerja madrasah, memperkuat hubungan antara pihak madrasah dengan orang tua peserta didik, serta menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta meningkatkan mutu pendidikan di madrasah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 04:24 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 04:24 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1081 |