HAMINAH, NIM. 222310032 (2024) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 112 BELAJEN KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul 222310032_Haminah_Pend. Agama Islam Pascasarjana.pdf - Cover Image
Download (59kB) | Preview
Pendahuluan 222310032_Haminah_Pend. Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (359kB) | Preview
Isi 222310032_Haminah_Pend. Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran 222310032_Haminah_Pend. Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Artikel 222310032_Haminah_Pend. Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui; pelaksanaan strategi pembelajaran tematik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 112 Belajen Kabupaten Enrekang. masalah pelaksanaan strategi pembelajaran tematik, dan solusi atas masalah strategi pembelajaran tematik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 112 Belajen Kabupaten Enrekang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan pendekatan studi kasus dan paradigmanya adalah; pedagogis, pendekatan yuridis, pendekatan sosiologis, dan Pendekatan psikologis. Teknik pengumpulan data; observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis; pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, teknik analisis data studi kasus. Uji keabsahan data dan uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.
Hasil dari penelitian ini bahwa, pelaksanaan strategi pembelajaran tematik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam memadukan berbagai tema yang relevan dengan
kehidupan sehari-hari siswa, Penggunaan media dan sumber belajar yang bervariasi juga mendukung tercapainya tujuan pembelajaran, meningkatkan pemahaman siswa tentang
ajaran agama Islam serta penerapannya dalam kehidupan nyata. Terdapat kendala utama yang meliputi kurangnya sumber daya dan materi pembelajaran yang mendukung integrasi tema-tema islami dengan kurikulum umum, serta keterbatasan pelatihan bagi guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran tematik secara efektif. Selain itu, perbedaan tingkat pemahaman dan kesiapan siswa sering kali menyulitkan penerapan strategi ini secara merata. Solusinya adalah; pelatihan intensif bagi guru, penyediaan sumber daya dan materi ajar yang memadai, dan kolaborasi antara guru, orang tua, dan komunitas sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik, Pendidikan Agama Islam. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:25 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:25 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1077 |