RATNAWATI, NIM. 222 310 033 (2024) KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SDN 73 SUDU KABUPATEN ENRAKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul 222310033_Ratnawati_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Cover Image
Download (59kB) | Preview
Pendahuluan 222310033_Ratnawati_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (378kB) | Preview
Isi 222310033_Ratnawati_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran 222310033_Ratnawati_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Artikel 222310033_Ratnawati_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (360kB) | Preview
Abstract
Tesis ini membahas tentang bagaimana prestasi belajar dapat meningkat dengan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas khususnya di SDN 73 Sudu Kabupaten Enrekang Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui tentang keterampilan Pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar di peserta didik SDN 73 Sudu Kabupaten Enrakang. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah memahami strategi yang efektif dalam pengelolaan kelas, diharapkan dapat ditemukan cara-cara
untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan motivasi peserta didik sehingga prestasi belajarnya dapat meningkat.Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan; pedagogik, psikologis dan teologis. Teknik pengumpulan datanya;observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisisnya; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Uji keabsahan data dengan; meningkatkan ketekunan, triagulasi, member cek, perpanjangan pengamatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas dimana guru menunjukkan keterampilan yang baik, menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk peserta didik, menggunakan metode yang interaktif, mampu mengelola waktu dengan efektif. Prestasi ini dapat dicapai berkat komitmen guru dalam memberikan pembelajaran yang berkualitas. Peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik dengan keterampilan guru dalam mengelola kelas di SDN 73 Sudu Kabupaten Enrakang secara signifikan terkait dengan keterampilan guru dalam mengelola kelas, mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, menggunakan pendekatan yang interaktif, mampu memotivasi peserta didik untuk aktif belajar, berpartisipasi dalam diskusi, dan melakukan refleksi terhadap ajaran Islam yang dipelajari, menciptakan suasana yang mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:17 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:17 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1075 |