KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SDN 73 SUDU KABUPATEN ENRAKANG

RATNAWATI, NIM. 222 310 033 (2024) KETERAMPILAN PENGELOLAAN KELAS BAGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SDN 73 SUDU KABUPATEN ENRAKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of Sampul 222310033_Ratnawati_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf]
Preview
Image
Sampul 222310033_Ratnawati_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Cover Image

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan 222310033_Ratnawati_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan 222310033_Ratnawati_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (378kB) | Preview
[thumbnail of Isi 222310033_Ratnawati_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Isi 222310033_Ratnawati_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran 222310033_Ratnawati_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Lampiran 222310033_Ratnawati_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Artikel 222310033_Ratnawati_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Artikel 222310033_Ratnawati_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (360kB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang bagaimana prestasi belajar dapat meningkat dengan kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas khususnya di SDN 73 Sudu Kabupaten Enrekang Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui tentang keterampilan Pengelolaan kelas guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan prestasi belajar di peserta didik SDN 73 Sudu Kabupaten Enrakang. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah memahami strategi yang efektif dalam pengelolaan kelas, diharapkan dapat ditemukan cara-cara
untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan meningkatkan motivasi peserta didik sehingga prestasi belajarnya dapat meningkat.Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan
pendekatan; pedagogik, psikologis dan teologis. Teknik pengumpulan datanya;observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisisnya; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Uji keabsahan data dengan; meningkatkan ketekunan, triagulasi, member cek, perpanjangan pengamatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas dimana guru menunjukkan keterampilan yang baik, menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk peserta didik, menggunakan metode yang interaktif, mampu mengelola waktu dengan efektif. Prestasi ini dapat dicapai berkat komitmen guru dalam memberikan pembelajaran yang berkualitas. Peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik dengan keterampilan guru dalam mengelola kelas di SDN 73 Sudu Kabupaten Enrakang secara signifikan terkait dengan keterampilan guru dalam mengelola kelas, mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, menggunakan pendekatan yang interaktif, mampu memotivasi peserta didik untuk aktif belajar, berpartisipasi dalam diskusi, dan melakukan refleksi terhadap ajaran Islam yang dipelajari, menciptakan suasana yang mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:17
Last Modified: 09 Sep 2024 02:17
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item
View Item