NUR AZYMAH, NIM. 222310038 (2024) PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK MELALUI METODE KETELADANAN DALAM MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN TEMATIK DI SDN 112 BELAJEN KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul 222310038_Nur Azymah_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Cover Image
Download (61kB) | Preview
Pendahuluan222310038_Nur Azymah_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (383kB) | Preview
Isi 222310038_Nur Azymah_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran222310038_Nur Azymah_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Artikel 222310038_Nur Azymah_Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (329kB) | Preview
Abstract
Tesis ini membahas tentang bagaimana membentuk kepribadian pesera didik melalui keteladanan dengan tujuan meningkatkan hasil pembelajaran Tematik khususnya di SDN 112 Belajen Kabupaten Enrekang. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah relevansi pentingnya karakter dan etika dalam proses pendidikan. Di tengah arus perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, nilai-nilai moral dan
kepribadian menjadi aspek yang sering terabaikan dalam pembelajaran. Selain itu, kondisi sosial dan budaya lokal juga memengaruhi pembentukan karakter peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data; observasi, kusioner dan dokumentasi. Dengan teknik analisis;
pemeriksaan data, klasifikasi, verifikasi dan kesimpulan. Dengan uji keabsahan data perpanjangan keamanan, meningkatkan ketekunan, trianggulasi, dan member cek.
Hasil dari penelitian ini bahwa, Bentuk metode keteladanan guru dalam membentuk kepribadian peserta didik melalui pembelajaran tematik dengan tidak menyudutkan anak�anak, memberikan contoh yang baik, memberikan motivasi, memberikan nasihat yang menjadi penyemangat peserta didik, mengajarkan untuk berinfaq, menganjurkan pentingnya shalat, memberikan hukuman yang medidik jika anak tidak jujur, serta mengajarkan cara hidup disiplin mulai dari diri sendiri. Implementasi metode keteladanan guru dalam membentuk kepribadian peserta didik dalam meningkatkan hasil pembelajaran tematik di SDN 112 Belajen Kabupaten Enrekang yaitu dengan berbuat jujur, sopan santun, bersikap
mandiri dan bekerja keras, keteladanan akhlak mulia melalui kegiatan berdoa sebelum dan sesudah pelajaran. Kemudian keteladanan guru dapat juga dilaksanakan melalui kegiatan
keseharian dalam bentuk budaya satuan pendidikan, yaitu pengembangan akhlak mulia melalui kegiatan Baca Tulis Al-Quran (BTA), hafalan surat pendek, shalat dhuha dan shalat
dhuhur, pengembangan disiplin melalui datang ke sekolah sebelum jam masuk kelas, dan memberikan teladan memakai seragam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan Kepribadian, Metode Keteladanan, Hasil Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:00 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 01:54 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1073 |