STRATEGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEJUJURAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA PESERTA DIDIK DI SDN 01 ENREKANG

YENNI HERMAN, NIM. 222310030 (2024) STRATEGI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER KEJUJURAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA PESERTA DIDIK DI SDN 01 ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of 1. 222310030_YENNI HERMAN_S2 Pend. Agama Islam (SAMPUL).pdf]
Preview
Image
1. 222310030_YENNI HERMAN_S2 Pend. Agama Islam (SAMPUL).pdf - Cover Image

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. 222310030_YENNI HERMAN_S2 Pend. Agama Islam (PENDAHULUAN).pdf]
Preview
Text
2. 222310030_YENNI HERMAN_S2 Pend. Agama Islam (PENDAHULUAN).pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. 222310030_YENNI HERMAN_S2 Pend. Agama Islam (BAB - ISI).pdf]
Preview
Text
3. 222310030_YENNI HERMAN_S2 Pend. Agama Islam (BAB - ISI).pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4. 222310030_YENNI HERMAN_S2 Pend. Agama Islam (LAMPIRAN).pdf]
Preview
Text
4. 222310030_YENNI HERMAN_S2 Pend. Agama Islam (LAMPIRAN).pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL TESIS YENNI HERMAN.pdf]
Preview
Text
JURNAL TESIS YENNI HERMAN.pdf - Submitted Version

Download (877kB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk menemukan strategi atau metode yang diterapkan oleg guru pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter kejujuran peserta didik di SDN 01 Enrekang, yang diurai dalam masalah spesifik,yaitu: 1) Bagaimana metode pendidikan agama Islam dalam pembentukan
karakter peserta didik di SDN 01 Enrekang? 2) Bagaimana program pembentukan karakter kejujuran pada peserta didik di SDN 01 Enrekang? 3) Bagaimana pembentukan karakter kejujuran melalui strategi guru PAI di SDN 01 Enrekang? Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Paradigma penelitian yaitu teologis, pedagogis, dan psikologis. Waktu penelitian dimulai Agustus 203 sampai dengan Juni 2024, di SDN 01 Enrekang. Sumber data dari primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data, yakni observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Teknik analisis data penyajian data, Reduksi data, dan Penarikan kesimpulan (verifikasi) serta pendalaman analisis studi kasus. Uji keabsahan data yaitu: (1) validitas internal, (2) validitas eksternal, (3) reliabilitas, dan (4) objektivitas. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Metode pendidikan agama Islam dalam
pembentukan karakter peserta didik di SDN 01 Enrekang, meliputi metode keteladanan, pembiasaan, pujian, dan ancaman, dan terkadang digunakan metode kisah, dialogis, demonstrasi, dan simulasi untuk kasus tertentu. Keempat metode tersebut direncanakan dengan baik, disesuaikan dengan kurikulum, lingkungan, dan budaya sekolah. Penerapannya membutuhkan komitmen dan konsistensi guru PAI, kesabaran, proaktif, terbuka, mawas diri, adil, peduli, lemah lembut, dan penuh kasih sayang. Keberhasilan metode tersebut terwujudnya peserta didik dapat beradaptasi belajar, terbuka, disiplin waktu dan mengerjakan tugas, minta
maaf jika khilaf, proaktif dalam pembelajaran, dan patuh kepada aturan sekolah. Tantangannya adalah dukungan dari pimpinan, guru lain, staf, orang tua, dan masyarakat, sarana dan prasarana sekolah, pengaruh HP, pergaulan sosial, dan
kompetensi guru; 2) Program pembentukan karakter kejujuran pada peserta didik di SDN 01 Enrekang meliputi benar dalam perkataan, benar dalam pergaulan, benar dalam kemauan, dan benar dalam janji. Program tersebut bertujuan untuk
meningkatkan kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan vokasional. Target pencapaian adalah berpikir kritis, problem solving, kolaboratif, kreativitas dan 2
inovasi, dan kesadaran diri. Penerapan metode yaitu keteladanan, pembiasaan, pujian, dan ancaman, dan terkadang digunakan metode metode kisah, penguatan, dialog, dan simulasi. Faktor pendukung meliputi dukungan dari pimpinan sekolah, guru, staf, orang tua, dan masyarakat, penegakkan aturan, penghargaan dan hukuman, dan budaya sekolah. Faktor penghambat di antaranya adalah konsistensi dan keadilan, kesiapan peserta didik pergaulan sosial, pengaruh HP,
dan kompetensi guru. Realisasi keberhasilan program meliputi peserta didik jujur dan santun dalam bertutur, terbuka, minta maaf jika salah, berpikir positif, teguh pendirian, berani mengambil keputusan, dan lembut perangainya; 3) Pembentukan karakter kejujuran melalui strategi guru PAI di SDN 01 Enrekang yakni dukungan kebijakan pimpinan sekolah, komitmen warga sekolah yang konsisten, dukungan orang tua yang tinggi, masyarakat memberikan dukungan tinggi, pembenahan sarana dan prasarana sekolah, kompetensi guru meliputi kepribadian, sosial, pedagogik, professional, digital, kesiapan peserta didik, ditemukan tantangan
penerapan program, baik dari sekolah, orang tua, masyarakat, dinamika teknologi, maupun dari peserta didik. Evaluasi program dilakukan dengan cara proses dan hasil, melalui pengamatan melekat dan peserta didik dinilai cenderung berkarakter jujur di sekolah. Kemudian upaya perbaikan adalah kebijakan sekolah dibenahi, komitmen warga sekolah diperkuat, komunikasi masyarakat yang intens, serta
peningkatan kompetensi guru.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru, PAI, Karakter, Kejuj
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:51
Last Modified: 09 Sep 2024 01:51
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1070

Actions (login required)

View Item
View Item