METODE PEMBENTUKAN AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK�KANAK BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH DI KEC. BARAKA KAB.ENREKANG

ABDUL HALIS, NIM. 222310036 (2024) METODE PEMBENTUKAN AKHLAK MULIA PESERTA DIDIK PADA ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK�KANAK BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH DI KEC. BARAKA KAB.ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of 1. Tesis 222310036_ABDUL HALIS_Pend. Agama Islam (S2) Pascasarjana (SAMPUL).pdf]
Preview
Image
1. Tesis 222310036_ABDUL HALIS_Pend. Agama Islam (S2) Pascasarjana (SAMPUL).pdf - Cover Image

Download (40kB) | Preview
[thumbnail of 2. Tesis 222310036_ABDUL HALIS_Pend. Agama Islam (S2) Pascasarjana (PENDAHULUAN).pdf]
Preview
Text
2. Tesis 222310036_ABDUL HALIS_Pend. Agama Islam (S2) Pascasarjana (PENDAHULUAN).pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. Tesis 222310036_ABDUL HALIS_Pend. Agama Islam (S2) Pascasarjana (BAB - Isi).pdf]
Preview
Text
3. Tesis 222310036_ABDUL HALIS_Pend. Agama Islam (S2) Pascasarjana (BAB - Isi).pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4. Tesis 222310036_ABDUL HALIS_Pend. Agama Islam (S2) Pascasarjana (LAMPIRAN-LAMPIRAN).pdf]
Preview
Text
4. Tesis 222310036_ABDUL HALIS_Pend. Agama Islam (S2) Pascasarjana (LAMPIRAN-LAMPIRAN).pdf - Submitted Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Jurnal 222310036_ABDUL HALIS_Pend. Agama Islam (S2) Pascasarjana.pdf]
Preview
Text
Jurnal 222310036_ABDUL HALIS_Pend. Agama Islam (S2) Pascasarjana.pdf - Submitted Version

Download (395kB) | Preview

Abstract

Tesis ini bertujuan untuk mengetahui kendala dan solusi dalam pembinaan akhlak mulia pada anak usia dini melalui penerapan metode guru Taman Kanak�kanak Bustanul Athfal Aisyiyah di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang yang
diuraikan dalam permasalahan khusus yaitu: 1) Bagaimana kondisi akhlak mulia pada anak usia dini Taman Kanak-kanak Bustanul Athfal Aisyiyah di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang? 2) Bagaimana cara guru dalam membentuk akhlak
mulia pada anak usia dini Taman Kanak-kanak Bustanul Athfal Aisyiyah di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang? 3) Apa kendala dan solusi pengembangan akhlak mulia pada anak usia dini melalui penerapan metode guru di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang?Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologis. Paradigma Penelitiannya adalah teologis, pedagogis dan psikologis. Periode penelitian dimulai pada bulan Agustus 2023 sampai dengan Mei 2024, di Taman Kanak-kanak Bustanul Athfal Aisyiyah di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang. Sumber datanya primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Teknik analisis data berupa penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi) serta pendalaman analisis studi kasus. Uji validitas data yaitu: (1)
validitas internal, (2) validitas eksternal, (3) eliabilitas, dan (4) objektivitas.Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kondisi akhlak mulia pada anak usia
dini Taman Kanak-kanak Bustanul Athfal Aisyiyah di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang tampak mulai berkembang dan terbentuk, terbagi dalam beberapa dimensi yaitu sikap religius, budi pekerti, jujur, kemandirian dan disiplin.
Sikap religiusitas, meliputi rukun iman dan rukun Islam, menghafal surah pendek, salat, menyanyikan lagu religi, wudhu dan ibadah lainnya, serta mengenal dosa. Sikap sopan antara lain berbicara, menghormati guru dan orang tua, menghargai orang lain, dan menghindari pembicaraan „kotor‟. Kejujuran meliputi berbicara, bertindak dan memberi jawaban. Sikap mandiri meliputi berpakaian, makan dan minum, serta mengerjakan tugas. Sikap disiplin meliputi waktu, pakaian,
peraturan, dan kedisiplinan dalam melaksanakan tugas; 2) Cara yang digunakan guru dalam membentuk akhlak mulia pada diri siswa di anak usia dini Taman Kanak-kanak Bustanul Athfal Aisyiyah di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang yaitu keteladanan, pembiasaan, pujian dan ancaman. Metode ini
direncanakan berdasarkan kurikulum, kondisi anak didik, tujuan, media, dan evaluasi. Aspek materi dalam metode tersebut adalah Hewan, Keluargaku, Lingkunganku, Alat Komunikasi, Tumbuhan, Negaraku, dan Alam Semesta. Penerapan metode pengembangan akhlak mulia peserta didik memerlukan
komitmen, konsistensi, kesabaran, satu kata dan perbuatan, keceriaan, kelembutan, semangat dan dedikasi. KeberhaSilan metode keteladanan menunjukkan bahwa anak didik sudah mulai berubah menjadi lebih baik, dapat beradaptasi dalam
belajar, menaati petunjuk guru, dapat bekerjasama dengan temannya, mulai mandiri dalam berpakaian, makan, minum, dan sebagainya. Keberhasilan metode pembiasaan terlihat dari banyaknya anak didik yang hafal surah pendek, sholawat,
lagu religi, santun, mampu bekerja sama, tertib, disiplin dan mandiri. Keberhasilan metode pujian terlihat dari anak didik menjadi lebih semangat dalam belajar, taat kepada guru, bekerjasama dengan temannya, menjaga kebersihan dan
kejujuran, berbicara sopan, dan sebagainya. Metode ancaman dilakukan secara hati-hati agar anak didik tidak trauma atau tidak mau lagi datang ke sekolah. Keberhasilan penerapan metode ancaman lebih bersifat preventif yaitu anak didik
terhindar dari pelanggaran karena tidak mau menerima sanksi dari gurunya; 3) Kendala dalam pengembangan akhlak mulia anak usia dini melalui penerapan metode guru di Taman Kanak-kanak Bustanul Athfal Aisyiyah di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang antara lain rendahnya kerjasama guru dan orang tua,
kebiasaan keagamaan di sekolah berbeda dengan di rumah, anak didik tidak fokus dalam belajar, pergaulan. interaksi anak didik di masyarakat, pengaruh penggunaan handphone yang berdampak pada sikap berbicara dan sikap jujur, jumlah dan kompetensi guru dinilai rendah, terbatasnya fasilitas pembelajaran, kesejahteraan guru, tingkat pendidikan dan kesibukan orang tua di rumah. Upaya guru mencari solusi atas hambatan pengembangan akhlak mulia anak didik di
Taman Kanak-kanak Bustanul Athfal Aisyiyah di Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang yaitu mengadakan pertemuan guru dan orang tua di sekolah, mengadakan pengajian bersama di rumah orang tua anak didik, melakukan koordinasi antara guru dan orang tua mengenai pembatasan penggunaan handphone oleh anak didik melalui WA Group, guru menyediakan infrastruktur
prioritas melalui dana pendaftaran anak didik baru dan pendampingan swadaya masyarakat, mendaur ulang sampah untuk dijadikan media pembelajaran, guru meningkatkan ompetensinya melalui kegiatan di PKG, dan memberikan tips kepada orang tua mengenai pembinaan anak didik di rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode, Pembelajaran, PAI, Akhlak Mulia, Anak Usia Dini.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:38
Last Modified: 06 Sep 2024 02:38
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item
View Item