ARBAN, NIM. 222310045 (2024) PENINGKATAN NILAI-NILAI AKHLAK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENDEKATAN HYPNOTEACING DI SMA 2 NEGERI CAMPALAGIAN POLEWALI MANDAR. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
FAIL SAMPUL. 222310045_ARBAN_PAI S2.pdf - Cover Image
Download (29kB) | Preview
PENDAHULUAN. 222310045_ARBAN_PAI S2 (1).pdf - Submitted Version
Download (399kB) | Preview
BAB (Isi). 222310045_ARBAN_PAI S2.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
LAMPIRAN. 222310045_ARBAN_PAI S2.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
JURNAL TESIS. 222310045_ARBAN_PAI S2.pdf - Submitted Version
Download (561kB) | Preview
Abstract
Tesis ini membahas tentang bagaimana Peningkatan Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan hypnoteacing di SMA Negeri 2 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui Peningkatan Nilai-Nilai Akhlak Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan hypnoteacing di SMA Negeri 2 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar.
Sebagai penyempurna Tesis ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif; dengan pendekatan; Teologis dan Pedagogis, Penelitian ini mengungkap masalah dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis data yaitu; penyajian data, Reduksi data, dan Penarikan kesimpulan (verifikasi).Hasil dari penelitian ini menunjukkan, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 2 Campalagian berperan penting dalam membentuk karakter siswa melalui penanaman nilai-nilai akhlak yang luhur. Proses pembelajaran yang dilakukan tidak hanya fokus pada aspek kognitif, tetapi juga mengintegrasikan nilai-nilai moral dan etika dalam setiap materi yang diajarkan. Penggunaan metode hypnoteaching dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Negeri 2 Campalagian Metode ini memanfaatkan teknik sugesti positif dan relaksasi untuk menciptakan kondisi belajar yang nyaman dan fokus. Dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif, siswa menjadi lebih mudah menerima materi dan memahami konsep-konsep agama dengan lebih mendalam. Melalui pendekatan hypnoteaching di SMA Negeri 2 Campalagian telah memberikan dampak yang positif terhadap perkembangan karakter dan akademik siswa, juga menunjukkan peningkatan dalam disiplin, tanggung jawab, amanah dan kerjasama, yang berkontribusi pada suasana belajar yang lebih harmonis dan produktif. Secara keseluruhan, peningkatan nilai-nilai melalui pendekatan hypnoteaching di SMA Negeri 2 Campalagian tidak hanya memperbaiki prestasi akademik siswa tetapi juga mengembangkan karakter mereka, menghasilkan
individu yang berakhlak mulia dan siap menghadapi tantangan masa depan dengan sikap positif dan proaktif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Pendidikan Islam, Tradisi Mammunuq |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 02:30 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 02:40 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1054 |