STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA TULIS AL-QURAN PADA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 171 MATAWAI KABUPATEN ENREKANG

ELLIYATI, NIM. 222310035 (2024) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BACA TULIS AL-QURAN PADA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 171 MATAWAI KABUPATEN ENREKANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.

[thumbnail of Sampul222310035_Elliyanti_Prodi.Pend.Agama Islam Pascsarjana.pdf]
Preview
Image
Sampul222310035_Elliyanti_Prodi.Pend.Agama Islam Pascsarjana.pdf - Cover Image

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of Pendahuluan222310035_Elliyanti_Prodi.Pend.Agama Islam Pascsarjana.pdf]
Preview
Text
Pendahuluan222310035_Elliyanti_Prodi.Pend.Agama Islam Pascsarjana.pdf - Submitted Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of Isi222310035_Elliyanti_Prodi.Pend.Agama Islam Pascsarjana.pdf]
Preview
Text
Isi222310035_Elliyanti_Prodi.Pend.Agama Islam Pascsarjana.pdf - Submitted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran222310035_Elliyanti_Prodi.Pend.Agama Islam Pascsarjana.pdf]
Preview
Text
Lampiran222310035_Elliyanti_Prodi.Pend.Agama Islam Pascsarjana.pdf - Submitted Version

Download (788kB) | Preview
[thumbnail of Artikel222310035_Elliyanti_Prodi.Pend.Agama Islam Pascsarjana.pdf]
Preview
Text
Artikel222310035_Elliyanti_Prodi.Pend.Agama Islam Pascsarjana.pdf - Submitted Version

Download (363kB) | Preview

Abstract

Tesis ini membahas tentang bagaimana kualitas baca tulis Al-Qur’an peserta didik dengan berbagai strategi yang digunakan oleh guru pendidikan Agama Islam di SDN 171 Matawai Kabupaten Enrekang. Tujuan penelitian untuk mengetahui; a)
Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) peserta didik SDN 171 Matawai Kabupaten Enrekang. b) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kualitas Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) peserta didik SDN 171 Matawai Kabupaten Enrekang. c)
Solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam menghadapi hambatan peningkatan kualitas baca tulis al-Qur’an peserta didik di SDN 171 Matawai Kabupaten Enrekang. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah mempertimbangkan tantangan dalam pembelajaran, seperti metode pembelajaran yang tidak selalu efektif dan motivasi peserta didik yang bervariasi, penelitian ini akan memberikan pemahaman yang mendalam tentang strategi yang efektif dalam meningkatkan kualitas baca tulis Al�Qur’an di level SD. Penyempurna Tesis ini, penulis gunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan adalah; pedagogis, psikologis, dan theologis. Teknik pengumpulan data; observasi, wawancara dan Dokumentasi. Dengan teknik analisis; reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, keikutsertaan, triagulasi dan pemeriksaan sejawat. Hasil dari penelitian ini bahwa, Kualitas baca-tulis Al-Qur’an peserta didik yaitu kemahiran dalam membaca dan menulis Al-Qur'an serta pemahaman yang
mendalam terhadap pesan-pesan di dalamnya, mereka enunjukkan komitmen yang kuat terhadap spiritualitas dan nilai-nilai agama. Strategi guru dengan pendekatan yang komprehensif, guru Pendidikan Agama Islam memberikan pembelajaran yang
interaktif dan mendalam, mendorong peserta didik untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran Al-Qur'an. Solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam memecahkan hambatan peningkatan kualitas baca tulis Al-Qur’an peserta didik di SDN 171
Matawai Kabupaten Enrekang menunjukkan pendekatan yang holistik dan berorientasi pada kebutuhan individu. Strategi yang disesuaikan, termasuk program remedial untuk peserta didik yang mengalami kesulitan, penguatan pembelajaran dengan penggunaan berbagai media, serta upaya kolaboratif dengan orang tua dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pembelajaran Al-Qur'an di luar sekolah.
Selain itu, dengan memanfaatkan teknologi dan sumber daya yang tersedia, guru Pendidikan Agama Islam berhasil Menciptakan suasana pembelajaran yang inspiratif dan inklusif, memastikan bahwa setiap peserta didik memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an secara optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kualitas Baca Tulis Al-Qur’an.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sitti Hawa
Date Deposited: 06 Sep 2024 01:57
Last Modified: 06 Sep 2024 01:57
URI: https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1041

Actions (login required)

View Item
View Item