DIANA, NIM. 222310023 (2024) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE PICTURE AND PICTURE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS IV SDN 123 BANTI. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PAREPARE.
Sampul222310023_Diana_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Cover Image
Download (68kB) | Preview
Pendahuluan222310023_Diana_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (378kB) | Preview
Isi222310023_Diana_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Lampiran222310023_Diana_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Artikel222310023_Diana_Prodi.Pend.Agama Islam Pascasarjana.pdf - Submitted Version
Download (331kB) | Preview
Abstract
Tesis ini membahas tentang Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Tipe Picture and Picture terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas IV SDN 123 Banti. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah didorong oleh kebutuhan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui metode yang lebih interaktif dan menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar
Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDN 123 Banti, bagaimana penerapan strategi pembelajaran cooperative tipe picture and picture pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDN 123 Banti, dan apakah terdapat peningkatan hasil belajar dengan penerapan strategi picture and picture di kelas IV SDN 123 Banti. Sebagai penyempurna tesis ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode penelitian tindakan kelas dengan melalui tiga
tahapan siklus, dengan teknik pengumpulan data tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian untuk menguraikan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDN 123 Banti, untuk menganalisis penerapan strategi pembelajaran cooperative tipe picture and picture pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDN 123 Banti, dan untuk mengeksplor peningkatan hasil belajar dengan penerapan strategi pembelajaran cooperative tipe picture and picture di kelas IV SDN 123 Banti. Dengan teknik analisis reduksi data, paparan data dan penarikan esimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, Peningkatan hasil belajar dengan penerapan strategi pembelajaran Kooperative tipe picture and picture di kelas IV SDN 123 Banti ditemukan sudah meningkat. Hal ini dapat dibuktikan
dengan pencapaian hasil belajar siswa pada tes awal mendapatkan nilai rata-rata 47,69 (23%) Selanjutnya di siklus I dengan memperoleh nilai rata-rata 62,30 (38%) sedangkan siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata 68,46 (46%) dan siklus III memperoleh nilai rata-rata 81,92 (76,92%) dan telah mencapai KKM yang telah ditentukan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Pembelajaran Cooperative Tipe Picture and Picture, Peningkatan Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > PPS_Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Sitti Hawa |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 01:51 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 02:57 |
URI: | https://repository.umpar.ac.id/id/eprint/1039 |